Penandatanganan Kerja Sama UPKM/CD Bethesda YAKKUM dengan Pemerintah Kota Yogyakarta dalam Program Penanggulangan HIV

Program pencegahan terpadu penularan HIV dan AIDS di Kota Yogyakarta resmi menjadi program kerjasama antara UPKM/CD Bethesda YAKKUM dengan Pemerintah Kota Yogyakarta setelah pada tanggal 18 Desember 2019 dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Direktur UPKM/CD Bethesda YAKKUM dengan Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta. Kegiatan ini menindaklanjuti Nota Kesepahaman Bersama Direktur UPKM/CD Bethesda YAKKUM dengan Walikota Yogyakarta pada bulan Oktober 2019. Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama, yang dilakukan di Hotel Tjokro Style, ini dihadiri oleh beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, perwakilan wilayah intervensi program (4 Kecamatan, 4 Puskesmas dan 8 Kelurahan), serta beberapa LSM peduli HIV di wilayah Kota Yogyakarta.

Dalam sambutannya, dr. Fita Yulia Kisworini, M.Kes., selaku Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta menyampaikan apresiasi atas dukungan UPKM/CD Bethesda YAKKUM terhadap program penanggulangan HIV dan AIDS di wilayah Kota Yogyakarta. Menurutnya, program penanggulangan HIV dan AIDS tidak akan bisa berhasil jika hanya dilakukan oleh Dinas Kesehatan, sehingga perlu dukungan dari lintas sektor dan lembaga terkait demi mewujudkan three zero di tahun 2030, yaitu tidak ada temuan kasus baru HIV, tidak ada kematian karena AIDS, dan tidak ada lagi stigma dan diskriminasi terhadap ODHA.

Senada dengan hal tersebut, Direktur UPKM/CD Bethesda YAKKUM, Sri Bayu Sela Adji, S.Psi. MPD., menyampaikan bahwa isu HIV tetap menjadi prioritas bagi UPKM/CD Bethesda YAKKUM karena sampai saat ini hal itu masih menjadi masalah kesehatan utama di Indonesia yang memerlukan pendekatan komprehensif serta upaya peningkatan peran masyarakat dengan dukungan penuh dari pemerintah. UPKM/CD Bethesda YAKKUM akan melakukan tiga pendekatan, yaitu pencegahan secara struktural, pencegahan secara biomedical, dan pencegahan melalui perilaku, untuk melaksanakan program kerjasama yang akan berjalan sampai dengan bulan Juni 2022 ini.